PKKMB STIA LPPN Padang Diikuti Ratusan Mahasiswa, RPL Solusi Sarjana Pengabdi Masyarakat

  • home
  • berita
  • PKKMB STIA LPPN Padang Diikuti Ratusan Mahasiswa, RPL Solusi Sarjana Pengabdi Masyarakat
PKKMB STIA LPPN Padang Diikuti Ratusan Mahasiswa, RPL Solusi Sarjana Pengabdi Masyarakat

PENGENALAN Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Barus (PKKMB) wajib diikuti oleh mahasiswa baru di setiap perguruan tinggi. Lebih dari dua ratus orang mahasiswa mengikuti PKKMB di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lembaga Pembina Perguruan Nasional (LPPN) Padang. Acara tersebut digelar selama dua hari 20-21/10/23 di Kampus STIA LPPN Seberang Padang.

Hal diatas disampaikan oleh Ketua STIA LPPN Padang Ir, Yenni Jufri, M, Si saat membuka secara resmi Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) didampingi dosen dosen progesional yang telah mewisuda ribuan sarjana kampus yang telah berdiri di era 80-an ini.

Tujuan PKKMB adalah terbagunnnya silaturrahim antara dosen, mahasiwa dan keluarga besar kampus serta pengenalan kampus dan penananam nilai nilai dari Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu PKKMB merupakan sebagai wahana pengenalan kampus bagi mahasiswa baru, juga dalam meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan berbangsa serta cepatnya beradaptasi dilingkungan kampus tempatnya menimba ilmu.

Seiring perkembangan teknologi di era globalisasi serta berpedoman kepada Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, salah satunya Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). Ini telah menjadi model baru perobahan kurikulum seiring perkembangan dan perobahan zaman yang kian canggih dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, mandiri, intelektual dan berkarakter.

Kampus STIA LPPN Padang sangat konsisten dalam melaksanakan MBKM dalam pembelajaran bagi mahasiswanya. Sehingga terbentuknya kepribadian lulusan sarjana berkualitas, intelektual dan bekualitas sebagai salah bentuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa yang memiliki daya saing.

Pembelajaran selama dua hari dalam PKKMB juga dilangsungkan kuliah umum, oleh dosen dosen STAI LPPN Padang, diantaranya, Dosen Ir Yenni Jufri, M, Si, Mukti Diapepin, S. Sos, MM, F Yasneardi, S.Sos, MM, Dr. Yeni M Nur, M.Pd, Dr Rini Parmila, M.Si serta PKKMB di meriahkan oleh pengurus BEM STIA LPPN Padang.

Dari dua ratus mahasiswa yang mengikuti PKKMB, sekitar 70 persennya adalah Mahasiswa RPL Prodi Adaminitasi Publik yang diikuti oleh walinagari/kepala desa dan perangkat pemerintah nagari di wilayah Sumatera Barat.